Tuesday, January 15, 2013

Pemasaran Properti (PART I)

Anda mau jual properti ? atau anda mau cari properti ? Kalau kondisi anda satu diantara pertanyaan tersebut, pasti anda butuh orang yang bisa membantu anda mencari solusinya.

Mungkin solusi yang anda butuhkan adalah anda membutuhkan Agent Property. Lalu apa yang akan dilakukan dengan Agent Property? Jawabnya.... cukup sharing keinginan anda kepada mereka dan mereka akan membantu anda mewujudkan keinginan anda.

Sebagai Agent Property, tugasnya adalah memberikan solusi dengan menjadi mediator bagi pemilik yang ingin menjual properti dan orang yang ingin mencari properti. Jadi dengan database properti yang dimilikinya tentu lebih mudah untuk mereka memberikan informasi tentang properti.

Dan sedikit informasi dari saya buat anda yang ingin menjual rumah atau menitipkan kepada agent untuk dipasarkan. Biasanya properti yang anda titipkan kepada agent disebut dengan listing. Dan ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum properti anda di listing oleh agent.

Pertama, pastikan bahwa anda adalah pemilik langsung dari properti yang dimaksud, dan anda bertanggung jawab jika terjadi sesuatu atas properti tersebut. Selanjutnya anda harus memberikan kuasa kepada agent yang anda percayakan, misalnya dengan mengisi formulir kerjasama pemasaran yang didalamnya telah memberikan secara detail informasi tentang spesifikasi, kondisi dan anda setuju menadatangani formulir kerjasama tersebut.

Kedua, anda perlu mengetahui sistem kerjasama apa yang ditawarkan oleh agent tersebut. Karena ada beberapa tipe kerjasama pemasaran yang biasanya kantor agent miliki. Sehingga anda akan mengetahui sampai dimana batasan-batasan yang perlu mereka dan anda lakukan. Untuk tipe kerjasama yang ada yang biasa kami lakukan adalah :
  • Open, artinya bahwa kerjasama pemasaran dilakukan secara terbuka. Jadi properti anda akan dipasarkan oleh siapapun, baik lebih dari satu agent atau oleh pemilik langsung.
  • Sole Agent, artinya  anda menyerahkan proses pemasaran anda kepada hanya satu agent, namun anda tetap dapat memasarkan untuk kalangan terdekat anda.
  • Exclusive, untuk kerjasama ini adalah benar-benar anda mempercayakan pemasaran anda kepada satu orang agent, apapun yang berkaitan tentang properti ini harus melalui agent tersebut termasuk pemilik tidak boleh lagi memasarkan. Untuk kerjasama ini dibatasi dengan waktu dan sistem pemasaran menjadi prioritas utama.

Demikian sharing infonya, nanti akan dilanjutkan apa kelebihan dan kekurangannya pada tulisan berikutnya..........

Bahana Property

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More